Posts

.

.
Posted by : Megumi Aishikawa Saturday, May 3, 2014

Kehidupan


      "Live as if you were die tomorrow, learn as if you were to live forever" -Mahatma Gandhi- Dari kutipan di atas saya akan membuat artikel dengan bagaimana kita bersikap dalam kehidupan. Dewasa ini banyak orang yang salah dalam bersikap dalam hidup mereka, seperti bunuh diri karena masalah kecil yang sebenarnya dapat di selesaikan, mengkonsumsi obat-obatan terlarang; minum-minuman keras; merokok tanpa berfikir apa dampak kedepannya bagi tubuhnya sendiri, bahkan ada orang yang kejam membunuh sahabatnya; orang yang mereka sayang; keluarga hanya karena dendam dan iri hati. Kita itu seharusnya bersikap seolah-olah kita akan meninggal esok, dan kita belajar seolah-olah kita akan hidup selamanya. Jika seluruh orang berfikiran seperti itu maka tidak akan ada yg namanya iri hati, dendam dan dengki, dan tidak akan ada yang namanya menyia-nyiakan hidupnya demi kesenangan sesaat. Semua orang seharusnya lebih selektif dan bijak dalam menyikapi suatu kehidupan. Hidup hanya terjadi satu kali, dan itu selalu berjalan gunakan hidup yang anda miliki saat ini dengan sebaik mungkin, sehingga apa yang anda kerjakan akan meyakinkan diri anda jika anda tidak akan menyesal dalam suatu pilihan. Dan apapun masalah yang anda hadapi jangan jadikan itu sebagai beban dalam hidup anda jadikanlah sebagai suatu pelajaran berharga yang akan berguna di kemudian harinya. Masalah dan kegagalan dalam kehidupan adalah hal yang lumrah. Masalah bukan berarti tidak dapat di selesaikan, dan kegagalan bukan berarti akhir dari segalanya.



----------------------------------------------------------------------------------

Cara Menghormati Orang Tua


Menghormati ayah dan ibu adalah menunjukkan penghormatan dalam kata-kata dan perbuatan dan di dalam hati bersikap menghargai posisi mereka. Kata bahasa Yunani untuk menghormati berarti “memuja, menjunjung dan menghargai." Menghormati adalah menunjukkan respek dan menaati perintah-perintahnya .Selain itu juga kita harus membantu orang tua contohnya dengan membantu ibu membersihkan rumah dan sebagainya.
Allah menasihati kita untuk menghormati ayah dan ibu. Dia begitu menghargai penghormatan kepada orangtua sampai mencantumkannya dalam Sepuluh Hukum “Hormatilah ayah dan ibumu supaya lanjut usiamu ditanah yang diberikan Tuhan, Allahmu kepadamu” (Keluaran 20:12) dan juga di dalam Perjanjian Baru: “Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian. Hormatilah ayahmu dan ibumu—ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini: supaya kamu berbahagia dan panjang umurmu di bumi” (Ef 6:1-3). Menghormati orangtua adalah satu-satunya perintah di dalam Alkitab yang menjanjikan umur panjang sebagai hadiah. Mereka yang menghormati orangtuanya akan diberkati (Yeremiah 35:18-19). Sebaliknya mereka yang “pikirannya terkutuk” dan mereka yang tidak beribadah pada akhir zaman akan diwarnai dengan ketidaktaatan kepada orangtua (Roma 1:30, 2 Timotius 3:2).


Apakah tradisi menghormati orang tua semakin memudar di indonesia ini? Bisa jadi. Semakin banyak anak yang melawan dan membantah perintah orang tua. Banyak juga anak yang tidak memiliki sopan santun kepada orang tua dan tidak sedikit juga anak yang suka melukai hati orang tua.
Menurut Confusius, sosok yang membidani Etika Konfusianisme, mengatakan bahwa keadilan dan kemakmuran bertitik tolak dari penghormatan kepada orang tua. Anda dan saya harus memutar otak mencari relasi antara penghormatan kepada orang tua dengan keadilan dan kemakmuran. .

Confusius mendapatkan inspirasi dari Shun tentang pentingnya menghormati ayah dan ibu.
Dalam buku Da Xue (Jalan Tengah), Confusius berkata, "Betapa berbaktinya Shun kepada orang tuanya! Kebajikannya seperti orang suci. Martabatnya seperti raja. Ia memiliki semua kekayaan yang ada di dalam empat lautan. Persembahan di kuil dikirim untuknya dan kisahnya selalu dikenang keturunannya."
Manfaat menghormati perintah Tuhan :
- menaati perintah Tuhan dan secara otomatis menyenangkan hati Tuhan karena kita menuruti perintah-Nya
- Hormatilah orang tua kita karena mereka layak mendapatkannya.karena merekalah yang mendidik dan mengurus kita dari kecil hingga saat ini dia mengurus kita dengan sepenuh hati tanpa pamrih
- Hormatilah orang tua kita karena dapat mendatangkan berkat. Menhormati orang tua berarti kita telah menaati perintah Tuhan dan kita mendapatkan berkat yaitu panjang umur kita didunia dan diberkati di dunia.

Apakah penghormatan kepada orang tua semakin menipis? Atau kita masih memperhatikan orang tua, tapi tidak menghormatinya?  Mulai sekarang belajarlah menghormati dan menghargai orang tua kita karena mereka telah mengurus , mendidik kita, menyekolahkan bahkan memberi kasih sayang dengan sepenuh hati tanpa pamrih.

Berikut contoh menghormati orang tua :



http://www.putra-putri-indonesia.com/menghormati-orang-tua.html

By : Sylvia Chandra & Lisa Mariana 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

OTAKU Magazine: Spiritual

- Copyright © OTAKU Magazine - Powered by Blogger -