Posts

.

.
Posted by : Megumi Aishikawa Sunday, April 27, 2014

Joseph Stalin



      Joseph Stalin atau Iosif Vissarionovich  Stalin merupakan pemimpin Uni Soviet pada tahun 1920-an sampai dia meninggal tahun 1953. Dengan nama Russia Ио́сиф Виссарио́нович Ста́лин atau Iosif Vissarionovich  Dzhugashvili lahir tanggal 18 Desember 1878 di kota Gori, Georgia. Memiliki masa kecil yang menyedihkan saat ia remaja ia bergabung dengan Bolsheviks pasukan ciptaan Vladimir Lenin.
Dari semua anggota Bolsheviks yang ikut pada “Pemberontakan Russia” tahun 1917, Stalin diangkat menjadi Sekretaris Jenderal Komite Pusat tahun 1922. Menjadi penguasa Russia tahun 1924 setelah kematian Lenin, Stalin berusaha menghilankan berbagai segala permasalahan yang ada dan memperbesar fungsi kekuasaannya sebagai pemimpin dengan menghabisi semua oposisi. Akhir tahun 1920, dia adalah penguasa satu-satunya Russia. Pada tahun 1952 jabatannya berubah menjadi  Kepala Pemerintahan Uni Soviet.
Dibawah naungannya Russia menjadi negara dengan paham “Sosialis Satu Negara” dengan mengganti paham Russia yang sebelumnya. Karena paham tersebut seluruh hal yang dilakukan seseorang itu perlu izin dari negara menyebabkan negara kedalam kekacauan. Pada tahun 1936 hingga 1939 terjadi peristiwa “The Purge” yang menewaskan ratusan ribu jiwa termasuk pemimpin Partai Komunis dimana Stalin pernah berada, anggota Bolsheviks, dan pemimpin-pemimpin “Tentara Merah” akibat terbukti ingin menjatuhkan pemerintahannya.
      Pada tahun 1939 setelah kejadian “The Purge” Stalin menandatangani Pakta Non-Agresi dengan tentara Nazi Jerman yang dipimpin Adolf Hitler. Marah karena dilanggarnya Pakta Non-Agresi oleh Jerman pada tahun 1941 dengan hancurnya Moskow dan Stalingard, Stalin berhasil menahan serangan “Blitzkrieg” tentara Nazi dengan sekuat tenaga. Pembalasan dendam dilancarkannya dengan kemenangan Tentara Merah Stalin terhadap Nazi Jerman dengan direbutnya Ibukota Jerman yaitu Berlin tahun 1945 yang juga mengakhiri Perang Dunia II di Eropa. Uni Soviet lalu dianggap sebagai negara kedua terkuat di dunia di bawah Amerika Serikat. Konferensi Yalta dan Postdam membuat komunis semakin kuat di negara-negara Eropa. Stalin lalu membuat hubungan erat dengan Mao Zedong dari China dan Kim Il-sung dari Korea Utara demi  menyebarluaskan komunis hingga ia meninggal saat terjadi “Perang Dingin” antar Blok Barat yang dipimpin Amerika Serikat dan Blok Timur yang dipimpin Uni Soviet.

Biodata

Nama                    :               Ioseb Besarionis dze Jugashvili
Lahir                      :               18 Desember 1878
Wafat                    :               5 Maret 1953
Jabatan                  :               Marshal of the Soviet Union (1943-1945)
                                             Generalissimus of the Soviet Union (1945-1953)
Pemerintahan         :               Semua kendali ditangannya (Supreme Commander)
Julukan                  :               K.Stalin
                                             Uncle Joe (oleh Amerika)
                                             Kremlin Highlander (dari tempat ia berasal)
                                             Vozhd (yang berarti Pemimpin Russia)

Joseph Stalin

   
 


The Big Three julukan kepada Joseph Stalin, Franklin D. Roosevelt (Presiden Amerika Serikat) dan Winston Churchill (Perdana Menteri Inggris) saat Konferensi Tehran dan Yalta 

Sumber : www.wikipedia.org/JosephStalin



By : Josua Juan
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Cai Lun



     Cai Lun (Hanzi: 蔡倫, simplify 蔡伦 , pinyin: Cài Lún, Wade-Giles: Ts’ai Lun) ialah penemu kertas berkebangsaan Tionghoa yang hidup di zaman Dinasti Han, abad ke-1 - abad ke-2 Masehi. Lahir di Guiyang (sekarang di wilayah provinsi Hunan), ia bernama lengkap Cai Jingzhong (sering pula dipanggil Jingzhong ((敬仲)), ia adalah seorang kasim.


     Ia membuat kertas dari kulit kayu murbei. Bagian dalamnya direndam di air dan dipukul-pukul sehingga seratnya lepas. Bersama dengan kulit, direndam juga bahan rami, kain bekas, dan jala ikan. Setelah menjadi bubur, bahan ini ditekan hingga tipis dan dijemur. Lalu jadilah kertas yang mutunya masih belum sebagus sekarang.


    Tak banyak catatan tentang Cai Lun, selain ada yang menyebutnya orang kasim. Ia adalah seorang pegawai negara pada pengadilan kekaisaran. Pada tahun 105 M ia mempersembahkan contoh kertas pada Kaisar Han Hedi. Catatan tentang penemuan kertas ini terdapat dalam penulisan sejarah resmi Dinasti Han.


    Konon kaisar amat girang atas penemuan Cai Lun, dan Cai Lun pun naik pangkat, mendapat gelar kebangsawanan dan menjadi cukong. Namun belakangan ia terlibat dalam komplotan anti istana yang membuatnya disepak dari kerajaan. Menurut naskah Tionghoa, setelah disepak Cai Lun mandi bersih, mengenakan pakaian terindahnya, lantas meneguk racun.


by: Matthew Liga K.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

OTAKU Magazine: Tokoh Dunia

- Copyright © OTAKU Magazine - Powered by Blogger -